Rabu, 23 Januari 2013

ARSITEKTUR KOMUNIKASI KOMPUTER


1.       ARSITEKTUR KOMUNIKASI KOMPUTER
Ada 2 arsitektur protocol yg digunakan sbg dasar bagi pengembangan standar-standar :
1.       MODEL TCP/IP ( 4 LAYER )
Model dan protocol TCP/IP merupakan open standard yang merupakan standar teknis dan historis dari internet. Pada tahun 1973, Bob Kahn dan Vint Cref mengerjakan proyek yg nantinya disebut TCP/IP. Selanjutnya, model TCP/IP dikembangkan department pertahanan USA (DoD), pada tahun 1981 dgn tujuan ingin menciptakan suatu jaringan yg dapat bertahan dalam segala kondisi. TCP/IP adalah jenis protocol pertama yg digunakan dalam hubungan internet, sehingga banyak istilah dan konsep yg dipakai dalam hubungan internet berasal dari istilah dan konsep dan dipakai oleh protocol TCP/IP. Perkembangan TCP/IP menciptakan suatu standar de facto, yaitu suatu standar yg diterima oleh kalangan pemakai dengan sendirinya krn pemakaian yg luas.
Gambar dibawah ini merupakan gambaran dari model TCP/IP dimana dapat dilihat bahwa model TCP/IP juga dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian network dan protocol.

Application
Protocols
Transport
Internet
Networks
Network access

Application layer
Application layer  pada model TCP/IP menangani protocol tingkat tinggi yang berhubungan dengan represenatasi, encoding, dan dialog control. p
rotocol TCP/IP menggabungkan seluruh hal yang berhubungan dengan aplikasi ke dalam satu lapisan dan menjamin data di paketkan dengan benar sebelum masuk ke lapisan berikutnya. Beberapa program berjalan pada lapisan ini, menyyediakan layann langsung kepada user. Program-program ini dan prtokol yang berhubungan meliputi HTTP (The World Wide Web) , FTP, TFTP (File Transport), SMTP (email), telnet, SSH (secure remote login) dan DNS (name management)
Transport layer
Transport layer menyediakan layanan transportasi dari host sumber ke host tujuan. Layer transport merupakan suatu koneksi logical diantara endpoints dari suatu jaringan yaitu, sending host dan receiving host. Transport protocol membuat segment dan mengumpulkan kembali lapisan aplikasi diatasnya menjadi data stream yang sama diantara endpoints. Data stream transport layer menyediakan layanan transportasi end-to-end. Protocol-protcol yang berfungsi pada lapisan ini adalah transmission control protocol (TCP) dan user datagram protocol (UDP).
Internet layer
Tujuan dari lapisan internet adalah untuk memilih jalur/Path terbaik bagi paket-paket data di dalam jaringan. Protocol utama yang berfungsi pada lapisan ini adalah internet protocol (IP) serta di lapisan ini terjadi penentuan jalur terbaik dan paket switching. Protocol-protocol yang berfungsi pada layer ini antara lain adalah, IP, ARP, RARP, BOOTP, DHCP, ICMP.


Network access layer
Network access layer disebut juga host-to-network layer. Lapisan ini berkaitan dengan hal-hal di mana paket IP diperlukan untuk membuat hubungan fisik dengan media jaringan. Driver untuk software aplikasi, modem, dan alat lainnya beroperasi pada layer ini. Network access layer berfungsi memetakan IP address ke alamat fisik hardware dan enkapsulasi dari paket-paket IP menjadi frame-frame. Protocol-protocol yang berfungsi pada lapisan ini adalah Ethernet, token ring, dan FDDI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar