Jumat, 04 November 2011

Susunan Directory Di Linux

 
Susunan Directory Di Linux
            Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, didalam Linux, menggunakan flesofon dimana directory akan hiratis tunggal. Berbeda dengan struktur di Windows, dimana susunan directory ditentukan dengan koneksi partisi dan harddisk. Bentuk divisi Windows merupakan respentasi dari partisi dimana huruf C diberikan untuk partisi pertama di harddisk pertama di Linux tidak mengenal konsep drive berbagai macam partisidapat di mount kedalam directory yang berada dalam struktur directory Linux.   
Di windows, untuk menunjukkan lokasi sebuah file, kita menuliskan seperti ini
(D\Folder\Tempat\Menyimpan\File.Ext)
Dilingkungan Linux, untuk menunjukkan sebuah lokasi file berupa seperti berikut
(/Folder/Tempat/Menyimpan/File.Ext)
            Dari kedua perbedaaan diatas, kita dapat melihat dengan mudah perbedaan penggunaan slash di Linux. Versus baek slash di Windows dan juga tidak adanya nama drive (C, D, E) pada saat computer booting, partisi root akan di mount dan seluruh file directory dan device akan dimount dibawah, perlu juga diingat bahwa penamaan file dan directory di Linux adalah case sensitive, yaitu huruf besar dan huruf kecil merupakan karakater yang berbeda.
(/Folder/Tempat/File.Txt) beda dengan (/Folder/Tempat/File.Txt)
            Struktur directory Linux mengikuti standar “File System Headachy Structure (FHS)”.
Yang dipegang oleh free standard group, walaupun begitu kegiatan distribusi memodifikasi standart tersebut.

Menginstall software/aplikasi Di linux melalui terminal.
1.       Klik 2x Application       Accessoris       Terminal
2.        
Sudo Apt –get  Install VLC/ Wine
                            Remove






3.       Enter

   Menginstall Software Melalui CLI / Terminal

Apt – gate
   jika anda mengetahui dengan pasti nama software yang akan anda install, anda akan dapat menggunakan perintah apt-get Install  (nama software). Jadi misalkan anda ingin menginstall software pidgin. (pidgin adalah aplikasi instant messaging/chat client yang dapat digunakan untuk yahoo messager,MSN, Facebook chat, dll).  Maka anda tinggal mengetikkan perintah berikut ini di terminal :

                              Engen- desktop                                                    
File   Edit    View   Terminal    Help
eri@eri-dekstop :-$  Sudo apt-gate Install pidgin

Mengapa harus menggunakan sudo? Karena untuk melakukan operasi administrative, anda harus melakukannya dengan menggunakan hak akses administrator, dan salah satu cara menggunakan hak administrator adalah dengan menggunakan perintah sudo.

Setelah anda mengetikkan perintah, [tekan Enter], masukkan password dan akan muncul kalimat konfirmasi seperti gambar berikut.

                    eri@eri-dekstop: ~                          
After this operation 25,1 MB of additional disk space will be used.

       Do you want  to continue  (Y/N)  ?
 








Jika anda benar-benar yakin ingin menginstall aplikasi pidgin, ketikkan Y, kemudian tekan [Enter], aplikasi anda akan segera di download dan di instal, tapi jika anda ingin membatalkan operasi anda tinggal mengetikkan N, lalu [Enter].

Saat aplikasi anda sedang di download, tunggu sampai benar-benar selesai dan jangan meng-close jendela terminal anda. Tandanya sudah selesai apabila tanda baris perintahnya akan kembali seperti awal.
                          eri@eri – desktop: ~                                                                 
 File     Edit     view    Terminal      Help
Unpocking pidgin – libnotifi (From. . ./ pidgin Li$notify_0.14-I Ubuntu-1386.deb)

Processing triggers for hicolar – Icon – theme. . . . . . . . . . . .
Processing triggers for dekstop – file – utils. . . . . . . . . . . . . .
Processing triggers for man – db
Setting up pidgin – data (1:2.6.2-1 Ubuntu 7). . . . . . . . . . . .
Setting up pidgin (1:2.6.2 – Ubuntu)
Setting up pidgin – Libnotify ( 0,14 – I ubuntu). . . . . . . . . . . .
eri@eri – dekstop : ~ $



KONFIGURATION TCP/IP DI LINUX UBUNTU

1.      PENDAHULUAN

        TCP/IP (Singkatan dari transmission Control Panel/Internet Protocol) adalah komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar – menukar dari satu computer ke computer lain didalam jaringan internet. Protocol ini juga merupakan protocol yang paling banyak digunakan saat ini.
        Protocol Ip address dikembangkan pada akhir decode 1970-an sebagai sebuah protocol standart untuk menghubungkan computer – computer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP address merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap metanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan dimana saja. Protocol ini menggunakan semua pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus computer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya diinternet. Protocol ini juga bersifat routable yang berarti protocol ini cock untuk menghubungkan system – system berada seperti Microsoft Windows dan keluarga unix untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Beberapa macam elemen umum TCP/IP dan fungsinya adalah



B. NetMask
              Adalah tanda yang fungsinya membagi alamat IP yang menunjukkan subnetmask, misal IP kelas C, natmask standart adalah 255.255.255.0.




C. NetWork Address
              Mempresentasikan porsi jaringan dari alamat IP, misalnya host 12.128.1.2 dijaringan kelas A memiliki network address 12.0.0.13, host jaringan yang menggunakan IP pribadi seperti 192.168.1.100 akan menggunakan network address 192.168.1.0 network address tersebut menjelaskan bahwa jaringan tersebut dibagian kelas C 193.168.1

D. Broadcast Address
              Alamat IP yang memungkinkan data jaringan dikirimkan secara simultan kesemua host disebuah sub Network, broadcast address standart untuk jaringan IP address adal 255.255.255.255 Namun broadcast ini tidak bisa digunakan karena terblok oleh router alamat broadcast biasanya diset untuk subnetwork tertentu saja missal IP 192.168.1.1 akan memiliki alamt broadcast 192.168.1.255

E. Gateway address
              Alamat yang harus dilewati oleh semua computer dijaringan yang ingin berkomunikasi dengan host dijaringan lain

F. NameServer
              Alamat IP address dari domain name service yang bertujuan menerjemahkan nama hostname ke alamat IP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar