Rabu, 16 Oktober 2013

Cara Membuat Checklist di MS Word 2007

Tutorial ini akan membahas 2 bentuk checklist, yaitu: checklist yang dicetak pada kertas dan checklist yang dapat dicentang dalam dokumen Word.

Membuat Checklist untuk Dicetak

Checklist Bullet Untuk membuat checklist yang dapat dicentang pada kertas, kita dapat menggunakan simbol kotak sebagai bullet dengan cara berikut:
  1. Pada Home tab, Paragraph group, klik tanda panah pada Bullets.
  2. Klik Define New Bullet.
  3. Klik Symbol.
  4. Pada kotak Font, pilih font Wingdings.
    Simbol Kotak
  5. Pilih simbol kotak yang ada pada daftar dan tekan OK.
  6. Selanjutnya ketik daftar pertama dan tekan Enter untuk melanjutkan ke item berikutnya.
  7. Untuk format bullet (misalnya: memperbesar ukuran atau mengganti warna kotak), klik pada bullet dan buat format yang diinginkan.
  8. Untuk mengatur jarak antara bullet dan teks: Klik kanan pada bullet dan klik Adjust List Indents. Atur posisi bullet dan teks.
    Adjust List Indent

Membuat Checklist yang Dapat Dicentang Dalam Dokumen Word

Checklist Check Box Cara ini menggunakan tabel agar tampilan checklist pada form lebih rapi.

Langkah 1: Membuat Tabel
  1. Pada Insert tab, Tables group, klik Table.
  2. Pada kotak Number of columns, isi angka 2.
  3. Pada kotak Number of rows, isi jumlah baris.

Langkah 2: Membuat check box dan teks
  1. Menampilkan Developer tab
    1. Klik Microsoft Office Button Microsoft Office Button dan kemudian klik Word Options.
    2. Klik Popular.
    3. Centang kotak Show Developer tab in the Ribbon.
  2. Membuat check box
    1. Klik sel pada tabel (kolom pertama) untuk menaruh check box.
    2. Pada Developer tab, Controls group, klik Legacy Tools Legacy Tools.
    3. Pada Legacy Forms, klik Check Box Form Field Check box form field.
      Tip: Jika latar check box berwarna abu-abu, kita dapat menghilangkannya dengan cara klik Legacy Tools pada Controls group, dan klik Form Field Shading Form field shading.
    4. Ketik teks pada kolom kedua.
    5. Lanjutkan pada baris berikut. Anda dapat membuat check box pada baris selanjutnya dengan cara menyalin (copy) dan menempatkan (paste) check box.

Langkah 3: Mengatur Layout Tabel
  • Agar jarak antara teks dan check box tidak berjauhan: Klik kanan pada tabel, arahkan ke AutoFit, dan klik AutoFit to Contents.
  • Untuk menghilangkan garis pada tabel:
    1. Pada Table tab, klik Borders and Shading, dan kemudian klik Borders tab.
    2. Pada Setting, klik None, dan kemudian klik OK.

    Catatan:
    Setelah menghilangkan garis pada tabel, masih akan terlihat garis putus-putus (table gridlines). Garis ini tidak akan muncul saat dicetak.
    Untuk menyembunyikannya, klik Layout tab, pada Table Tools, Table group, klik View Gridlines.

Langkah 4: Mengunci Form Di Word 2007, kita perlu mengunci form agar bisa memberi centang pada kotak. Apabila form sudah dikunci, maka kita tidak bisa mengedit dokumen.
Untuk dapat mengedit dokumen, kita perlu membuka kembali kunci pada form. Berikut ini adalah cara mengunci form dan membukanya kembali.
  1. Mengunci form
    Pastikan Anda tidak berada di di Design Mode. Untuk memastikannya, lihat warna pada Design Mode pada Controls group dalam Developer tab. Bila ada warna oren, berarti Anda ada di mode ini.
    Cara menghilangkannya: klik Design Mode sehingga warnanya seperti gambar berikut ini.
    Controls Group
  2. Pada Developer tab, Protect group, klik Protect Document, dan kemudian klik Restrict Formatting and Editing. Akan muncul task pane di sebelah kanan layar.
  3. Pada Restrict Formatting and Editing task pane, bagian Editing restrictions, centang kotak Allow only this type of editing in the document.
  4. Di daftar editing restrictions, pilih Filling in forms.
  5. Pada Start enforcement, klik Yes, Start Enforcing Protection.
  6. Jika ingin memberi password agar isi dokumen tidak bisa diubah oleh siapa saja (kecuali yang memiliki password), ketik pada kotak Enter new password (optional), dan beri konfirmasi password.
    Bagian ini tidak wajib, bila tidak ingin menaruh password, langsung klik OK untuk kembali pada dokumen.
  7. Membuka kunci pada form
    1. Pada Developer tab, Protect group, klik Protect Document, dan kemudian klik Restrict Formatting and Editing.
    2. Pada Protect Document task pane, klik Stop Protection.
      Catatan: Bila menggunakan password, maka Anda perlu memasukkan password untuk menghilangkan proteksi.     

2 komentar: